Pages

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI< SEMOGA TULISAN INI BERMANFAAT BAGI ANDA

Monday 7 April 2014

TIPS & CARA MEMENANGKAN WAWANCARA KERJA



By; Admin

Halo gan, gmana kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu n senantiasa dalam lindungan tuhan ya…

langsung aja gan, dalam kesempatan ini saya akan mensharing beberapa cara sukses memenangkan wawancara ketika diterima wawancara kerja.
Sebenarnya materi seperti ini banyak ditemukan di toko buku terdekat maupun dari searching mbah goggle. o iya artikel ini bukan copas dari blog sebelah yah, soalnya artikel ini ane dapet dari hasil baca-baca panduan lengkap psikotes job interview loh..
Daripada kebanyakan ngemeng (red; ngomong) mendingan langsung pantengin alias baca aja artikel di bawah ini yukk!!!. Hehehe

Banyak pelamar kerja yang gagal dalam wawancara kerja dan bahkan tidak diterima sebagai karyawan, alasannya sih sangat sederhana aja yaitu tidak mengetahui cara berfikir seorang pewancara. Hal-hal seperti inilah yang sering diabaikan oleh pelamar, padahal sebelumnya jika seorang pelamar sudah mengetahui/memahami cara berfikir pewawancara, bisa dibilang eorang pelamar itu berhasil memenangkan separoh dari pertarungan.
Sebelum lebih lanjut membahas tema kita, sebaiknya agan-agan perhatikan dulu salah satu contoh lowongan pekerjaan dibawah ini.


DIBUTUHKAN SEGERA

SMA/D3 PETERNAKAN/KEDOTERAN HEWAN, DENGAN SYARAT;

1.    Bersedia ditempatkan di Farm (peternakan sapi)
2.    Jujur, ulet, cekatan, bertanggung jawab, dan pekerja keras
3.    Bersedia ditempatkan diluar kota
4.    Berpengalaman minimal 2 tahun
5.    Nilai rata-rata SMA min 7,5; D3 IPK min 3,0

Kirim lamaaran segera ke;
BUKIT INSAN JAYA BLOK K/30
PONDOK KELAPA
Jakarta Timur 13760


Sebenarnya dari contoh lowongan di atas terbukti bahwa selain syarat utama bagi para pelamar adalah pendidikan dan pengalaman, masih ada beberapa syarat tambahan yang bisa dibilang tidak kalah pentingnya, yaitu jujur, ulet, cekatan, bertanggung jawab, dan pekerja keras. Sebenarnya dalam wawancara syarat-syarat inilah yang menjadi pokok perhatian pewancara, apakah seorang pelamar itu memenuhi kondisi yang diisyaratkan atau sebaliknya pula. Dalam wawancara kerja bukanlah latar belakang pendidikan dan seberapa banyak pengalaman yang dinilai, namun yang menjadi penilaian penting adalah kepribadian dan karakter seorang pelamar itu sendiri. untuk mengetahui apa sebenarnya yang didinginkan oleh seorang pewawancara kepada seorang pelamar kerja, berikut ini akan dijelaskan beberapa rahasia sukses untuk memenangkan pertarungan itu (maksudnya rahasia yang harus diperhatikan agar anda/pelamar kerja berhasil memenangkan wawancara kerja);

Kemauan,
Seringkali seorang pewawancara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang aneh kepada seorang pelamar, bahkan pertanyaan itu bisa menyimpang dari apa yang anda/pelamar inginkan. Pertanyaan tersebut misalnya; apakah anda besedia membelikan saya sebungkus rokok? Atau maukah anda membersihkan kaca jendela/meja ruangan ini?, maukah anda menggantikan saya hari ini untuk menjadi seorang direktur?.  Mungkin dalam benak agan-agan pasti mengira ini sebuah pertanyaan yang geli dan menjebakkan, kemungkinan juga agan-agan pasti berfikir apa sih yang sebenarnya yang diinginkan oleh si pewanwancara ini, kalau dipikir ulang pertanyaan tersebut jauh dari materi yang anda inginkan pada lowongan yang tertera diatas.
Santai agan-agan, jika pertanyaannya seperti itu cobalah agan-agan menjawabnya dengan kata berikut; saya siap melaksanakan tugas apapun yang dibebankan dipundak saya dengan penuh tanggung jawab. Jika menjawab demikian kemungkinan terbesar seorang pewanwancara akan merasa puas dengan jawaban agan/pelamar kerja. Asal agan tau aja, sebenarnya yang ingin diketahui oleh seorang pewawancara bukan mau tidaknya anda melakukan pekerjaan rendahan semacam yang ditanyakan itu, tetapi pertanyaan tersebut bertujuan untuk mengetahui kesungguhan agan/pelamar kerja menerima dan melakukan setiap tugas apapun untuk membantu tim agar berkesinambungan dan lebih berhasil.

Kemampuan dan Kesesuaian.
Jika anda diberikan suatu pekerjaan, apakah anda sanggup menyelesaikan pekerjaan tersebut tepat pada waktunya? Pernyataan seperti ini; Saya bisa menyelesaikan pekerjaan ini atau beri saya kesempatan dan saya akan membuktikannya kepada anda” jawaban semacam ini bukanlah jawaban yang sangat memuaskan bagi seorang pewawancara.
Usahakan dalam hal ini agan/pelamar kerja hendaknya menunjukkan kemampuan yang dimiliki, dan usahakan secepat mungkin anda beradaptasi dengan dunia kerja yang telah diberikan.

Kemampuan mengikuti manajemen dan bekerja dalam tim.
Umumnya seorang atasan tidak mau bersusah payah memikirkan pekerja atau karyawan yang tidak memiliki kemampuan mengikuti manajemen. Kemampuan mengikuti manajemen diartikan sebagai:
  • Sebagai kemampuan bekerja seorang diri dan dengan tim.
  • Kemauan untuk bekerjasama dengan orang lain tanpa harus saling membeda-bedakan.
  • Kesiapan dan kesediaan dalam menerima kritik dan arahan.
  • Kemampuan untuk menentukan langkah yang tepat dalam situasi krisis

Yang perlu diingat oleh agan atau pelamar kerja ketika sewaktu-waktu diterima menjadi karyawan pada perusahaan tersebut hendaklah agan selalu bersikap toleran terhadap pandangan atau asumsi dan keyakinan orang lain.

Bersikaplah profesional
Perilaku profesional sangatlah penting karena selalu menyangkut perkembangan anda sebagai hasil pengalaman yang dilalui.
Pemecahan Masalah
Umumnya manusia selalu memilki masalah dan maslah tersebut selalu dipecahkan dengan sendirinya. Dengan masalah juga manusia akan semakin berkualitas dan semakin pintar dalam memahami lingkungannya. Begitupula agan/pelamar kerja agar senantiasa selalu bertransformasi menjadi orang yang handal dalam menghadapi maslah. 
Dengan anda memahami apa yang perusahaan pada diri seorang pelamar, dengan sendirinya anda akan mengetahui secara lebih baik tindakan apa yang mesti ada tawarkan sebagai pemecahan masalah.

Sumber;
Sunartyo, Nano. 2012. Panduan Lengkap Psikotes Job Interview. Jogjakarta; DIVA press

0 komentar:

Post a Comment

 

Kirim Komentar

Name

Email *

Message *

Total Pageviews