Pages

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI< SEMOGA TULISAN INI BERMANFAAT BAGI ANDA

Thursday 3 April 2014

PROPOSAL LK/BASIC TRAINING 1 HMI

A.           DASAR PEMIKIRAN

Sifat keberanianya, daya kritis kepeloporannya dalam kelompokan elit dalam melakukan suatu perubahan yang ideal merupakan ciri dari kelompok elit dalam generasi muda tersebut. Pemuda juga merupakan kader dan sumber insan bagi umat dan bangsa, oleh karena itu pendalaman tentang wawasan ke-islaman, ke-intelektualan, ke-Indonesiaan perlu untuk dipertegas kembali. Kedua identitas yang tertuang dalam diri kader merupakan sebagai sosok muslim dan warga dari negara yang masing-masing diantaranya mempunyai peran dan fungsi  yang saling melengkapi dan berkesinambungan . Hal ini sesuai dengan Tri darma HMI, maka sebagi kader HMI yang mempunyai tanggung jawab perlu untuk selalu mendapatkan kedua identitas itu sebaik-baiknya.

Dalam mencapai idealisme seorang mahasiswa itu sendiri, HMI menawarkan diri sebagai wadah atau mediasi bagi mahasiswa untuk menstranformasikan nilai-nilai HMI yang bertujuan membina insan akademis serta terciptanya insan yang betanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara, dan juga demi terciptanya masyarakat adil dan makmur yang yang diridhoi oleh Allah SWT.

Himpunan mahasiswa islam (HMI) berfungsi sebagai organisasi kader sebagaimana yang telah disebutkan dalam BAB IV Pasal 8 Anggaran Dasar (AD) HMI. Dapat kita cermati bersama makna yang terkandung dalam kalimat tersebut adalah setiap proses yang di jalani oleh HMI menitik beratkan pada masalah pengkaderan dengan berorientasi pada BAB III pasal 4 Anggaran Dasar (AD) HMI yaitu terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang di ridhoi Allah SWT.

Berbagai bentuk pengkaderan yang dilakukan oleh HMI memiliki tujuan masing-masing yang berbeda satu dengan yang lainnya yang bermanfaat untuk menciptakan kader muslim, berintelektual dan berakhlaqul karimah dengan mampu mewujudkan tujuan organisasi.


Salah satu bentuk pengkaderan dalam HMI tersebut dikenal dengan istilah LK-1 yang kepanjangan dari Latihan Kader (Basic Training)-1, LK adalah salah satu bentuk  kegiatan rutin yang mutlak harus dilakukan oleh organisasi jika ingin eksis dan berkembang, karena dalam Latihan Kader (Basic Training) inilah di harapkan akan terciptanya kader – kader baru yang memiliki semangat juang yang militan yang siap mengembangkan amanah untuk melanjutkan estafet perjuangan sesuai dengan visi dan misi sebuah organisasi.

Saat ini Himpunan Mahasiswa Islam memiliki kader – kader yang handal dan berprestasi di segala bidang, akan tetapi hal ini tidak terlepas dari pola pengkaderan formal di Himpunan Mahasiswa Islam telah menempatkan dan membina mereka menjadi kader – kader yang potensial dan siap pakai. Himpunan Mahasiswa Islam sebagai sebuah organisasi perjuangan di bentuk agar senantiasa memiliki sumber daya manusia  yang handal dan berkompeten serta memiliki jiwa militansi yang tinggi dalam mewujudkan visi dan misi Himpunan Mahasiswa Islam itu sendiri.

Dalam konteks ini. Himpunan Mahasiswa Islam sebagai sebuah organisasi yang berbasis pengkaderan mempunyai tugas melaksanakan pengkaderan sesuai dengan fungsinya. Karena pada saat ini Himpunan Mahasiswa Islam di hadapkan tantangan untuk melaksanakan amanat yang benar dan tepat, guna kelangsungan hidup organisasi sebagai penjewantah dari tujuan Himpunan Mahasiswa Islam itu sendiri. “ terbinanya insan akademis pencipta, pengabdi, yang bernafaskan islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil, makmur yang diridhoi Allah SWT.

Era  globalisasi saat ini menuntut para kader Himpunan Mahasiswa Islam untuk dapat menghadapi segala tantangan dan rintangan yang ada, dalam mewujudkan masyarakat adil, makmur yang diridhoi Allah SWT, tentunya untuk menghadapi segala tantangan dan rintangan itu dibutuhkan keimanan dan ketakwaan serta ilmu yang ditambah ideologi ke-HMI an sebagai modal dasar mereka,

Pada pelatihan kepemimpinan dasar ini, para kader baru akan dibekali dengan nilai – nilai islam, ke-indonesiaan dan ke-HMI-an sebagai peningkatan kwalitas intelektual mereka , sebagai mahasiswa muslim, agar tercipta kader – kader HMI. Yang siap dalam menyongsong perubahan keera yang lebih baik dan menjadi pelopor di segala bidang.

Training formal seperti basic training (Latihan Kader I) misalnya memiliki tujuan “membentuk karakter kader guna tercapainya mission HMI”. Merupakan pondasi awal bagi seorang kader untuk menempa diri di organisasi sehingga dirumuskan suatu target yang jelas seperti: memiliki kesadaran menjalankan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari, mampu meningkatkan kemampuan akademis, memiliki kesadaran akan tanggung jawab keumatan dan kebangsaan serta memiliki kesadaran semangat untuk menghidupkan berorganisasi.

Jika kita berbicara masalah pengkaderan, maka tidaklah akan pernah selesai karena pengkaderan ini merupakan merupakan proses bagi HMI membangun aset penerus-penerus yang sesuai dengan tujuan HMI dan atau mampu berdaya guna baji kemajuan umat dan bangsa. Untuk itu, segala metode yang menarik dan bermanfaat untuk peningkatan kualitas kader  harus selalu di lakukan.

Untuk mewujudkan cita-cita itu tentu bukanlah persoalan yang mudah, setiap pihak harus bahu membahu menumbuhkan budaya disiplin, keterbukaan, kecintaan, terhadap ilmu pengetahuan, menghargai perbedaan pendapat, dan segainya. Setiap pilar haruslah berjalan seimbang meskipun kita harus memilih sesuatu yang tidak diinginkan tapi dengan kondisi ddemikian kita harus tetap menjadikan lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, serta bangsa dan negara menjadi pilar yang utama.



B.           TUJUAN DAN TARGET KEGIATAN

Tujuan utama kegiatan ini adalah:

§   Terbinanya Insan akademis yang berkualitas, sadar akan fungsi dan peranya dalam organisasi serta hak dan kewajiban sebagai kader umat dan bangsa.

§   Agar para kader mampu menanamkan nilai HMI.

§   Menciptakan pola pikir kader yang sistematis, analistis, dan mandiri sesuai tujuan HMI.

§   Membentuk kader yang yang kritis terhadap kondisi masyarakat dan bertanggung jawab dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT.

Adapun target dari hasil kegiatan ini adalah agar para kader memiliki;

§   Kesadaran menjalankan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari

§   Kesadaran dan semangat dalam berorganisasi

§   Kesadaran akan tanggung jawab keumatan dan kebangsaan



C.           NAMA DAN TEMA KEGIATAN

Kegiatan ini bernama; Latihan Kader atau Baic Training I Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Universitas Indraprasta PGRI Jakarta Cabang Jakarta Selatan. Dengan  tema “Membentuk Karakter Kader Guna Tercapainya MISSION HMI”.



D.           WAKTU DAN TEMPAT

Latihan Kader atau basic Training I ini direncanakan akan dilaksanakan pada waktu dan tempat:

Waktu
Kamis-Minggu
3-6 April 2014
Tempat
Gedung “Graha Insan Cita”
Depok



E.           PESERTA

Dalam latihan kader ini rencana akan melibatkan peserta sebanyak 50 orang yang terdiri dari mahasiswa semester awal sampai semester akhir yang memenuhi syarat-syarat pengkaderan HMI.

F.            METODE KEGIATAN

Agar kegiatan LK ini lebih berkesan dan menarik, maka metode kegiatan ini akan dilakukan dengan cara;

§  Ceramah

§  Diskusi /Dialog

§  Penugasan

§  Study kasus

§  Game



G.        PENDANAAN KEGIATAN

          Pendanaan LK ini didanai oleh dana pendaftaran peserta, kas organisasi dan beberapa sumber lain yang tidak mengikat. Untuk lebih jelasnya, berikut akan ditampilkan berapa anggaran yang dibutuhkan untuk kegiatan LK ini.


 Sumber Dana;


URAIAN
Volume
Harga Satuan
(Rp)
Jumlah
(Rp)
Pemasukan
-
-
a.  Peserta
50 org
25.000
1.250.000
b.  Kas Organisasi
500.000
c.   Sumber Lain yang tidak mengikat
500.000
Total
-
-
2.250.000
Dana yang dibutuhan
27.172.000




H.        KEPANITIAN

          Untuk lebih jelasnya, berikut table susunan panitia pelaksana kegiatan LK-1 HMI Komisariat Unindra PGRI Cabang Jakarta Selatan


I.          SUSUNAN ACARA

          (Terlampir)

         





J.         PENUTUP

            Demikianlah proposal ini dibuat, sebagai bahan pertimbangan bagi pihak-pihak yang terkait dalam mensukseskan kegiatan pengkaderan ini. Atas segala bantuan dan kerjasamanya sangat kami harapkan demi suksesnya apa yang telah kami rencanakan, mudah-mudahan segala aktivitas kita mendapat ridho dan rahmat dari Allah SWT. Amin.


PANITIA PELAKSANA

LATIHAN KADER (LK-I)

HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM

CABANG JAKARTA SELATAN

KOMISARIAT UNINDRA PGRI


Ahmad Hidaytullah
Ketua Pelaksana
Sekertaris




Mengetahui,



Rajulan M Noor
Ketua Umum Komisariat Unindra
Zainul Azhar
Sekertaris Umum



Lampiran

RENCANA ANGGARAN LATIHAN KADER (LK)-I

HMI KOMISARIAT UNINDRA PGRI CABANG JAKARTA-SELATAN;

MEMBENTUK KARAKTER KADER GUNA TERCAPAINYA MISSION HMI”

Kamis-Minggu, 3-6 April 2014, Gedung Graha Insan Cita, Depok, 50 Peserta.


No
URAIAN
Volume
Harga Satuan
(Rp)
Jumlah
(Rp)
A.   
Kesektariatan;
14.100.000
1
Pengadaan Sekret
1 Unit
2.000.000
2.000.000
2
ATK
1 Set
2.000.000
2.000.000
3
Komputer & Printer
1 Paket
4.000.000
4.000.000
4
ID Card
10 Buah
30.000
300.000
5
Foto Copy
4000 lbr
100
400.000
6
Vandel/Plakat
20 buah
200.000
4.000.000
7
Sertifikat
70 Buah
20.000
1.400.000
B.  
Akomodasi
2.400.000
1
Sewa tempat
4 hari
600.000
2.400.000
C.  
Publikasi
3.800.000
1
Cetak Brosur & Undangan
1 Paket
3.000.000
3.000.000
2
Spanduk
4 Buah
200.000
800.000
D.  
Dokumentasi
1 LS
1.000.000
1.000.000
E.   
Konsumsi
1.722.000
1
Snack peserta
-
-
400.000
2
Snack pemateri
-
-
200.000
3
Gula
6 kg
15.000
90.000
4
Teh
4 Pack
8.000
32.000
5
Kopi
20 Pack
15.000
300.000
6
Makan Peserta  @ 12x
50 org
10.000
500.000
7
Makan Panitia  @ 12x
20 org
10.000
200.000
F.   
Transportasi (PP)
2 mobil
2.000.000
4.000.000
Total
29.422.000




Lampiran 2

Susunan Panitia

LK-1 HMI Komisariat Universitas Indraprasta PGRI

Cabang Jakarta Selatan


Nama Personil
Posisi
Pelindung
Allah SWT
Rajulan M. Noor
(Ketua Umum HMI Komisariat Unindra PGRI)
Penanggung Jawab
SC
Abdussalam
M Asyari
Luki Kartikari
OC
Ketua pelaksana
Ahmad Hidayatullah
Sekertaris
Bendahara
Sie. Humas
Zainuddin
Zulkifli
Sie Transportasi
M Sunhaji
Usman
Nizam
Sie Dokumentasi
Syaiful
Feby
Sie Konsumsi
Paramadina
Imam Rahmatullah
Zihori Maulida


Lampiran 3

Susunan Acara

LK-1 HMI Komisariat Universitas Indraprasta PGRI

Cabang Jakarta Selatan


WAKTU
ACARA
PEMATERI
PETUGAS
Kamis,  3 April 2014
15.15-17.00
Chek In Peserta dan Pemberangkatan
SC
OC
17.00-19.00
ISOMA
OC
19.00-20-30
Opening Ceremony+Kontrak Belajar
SC
OC
20.30-22.30
Sejarah Perjuangan HMI
Kakanda Asyari
OC
22.30-23.00
Evaluasi
SC
23.00-04.00
ISTIRAHAT
OC
Jum’at,  4 April 2014
04.00-05.00
Sholat Shubuh
OC
05.00-07.30
Olahraga+Aktivitas Pribadi + Makan
OC
07.30-09.30
MISSION HMI
Kakanda Kasmayadi
SC
09.30-11.30
Konstitusi HMI
Kakanda Abdullah
SC
11.30-13.00
ISHOMA
-
OC
13.00-15.00
KMO
Bayu H.
OC
15.00-16.30
Agitasi Propaganda
Kakanda Buhais
SC
16.30-19.00
ISHOMA
OC
19.00-21.00
IDIOLOGI
Kakanda Rahmatullah
SC
21.00-23.00
Filsafat Ilmu
SC
23.00-00.00
Evaluasi
00.00-04.00
ISTIRAHAT
Sabtu, 5 April 2014
04.00-05.00
Sholat Subuh
OC
05.00-07.30
Olahraga+Aktivitas Pribadi + Makan
OC
07.30-09.00
Kekohatian
Ayunda Nurdeni
SC
09.30-10.00
ICE BREAK
OC
10.00-12.00
NDP 1 dan 2
Bangbang S.
SC
12.00-13.00
ISHOMA
OC
13.00-16.00
NDP 3, 4 dan 5
Fadli
SC
16.00-16.15
Game
OC
16.15-17.00
NDP 6 dan 7
Agus H
SC
17.00-19.00
ISHOMA
OC
19.00-20.30
Lanjutan NDP 6 dan 7
Agus H.
OC
20.30-22.00
Teknik Persidangan
Kakanda Rajulan M Noor
22.30-24.00
Evaluasi
SC
24.00- selesai
ISHO + Packing
OC
04.00-05.00
Post Test
OC
Minggu, 6 April 2014
05.00-07.30
Olahraga+Aktivitas Pribadi + Makan
07.30-08.30
Closing & Ramah Tamah
OC
08.30-selesai
Pulang
SC


0 komentar:

Post a Comment

 

Kirim Komentar

Name

Email *

Message *

Total Pageviews