Pages

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI< SEMOGA TULISAN INI BERMANFAAT BAGI ANDA

Thursday 3 April 2014

PENGERTIAN DAN UNSUR-UNSUR POKOK DALAM PENGELOLAAN LABORATORIUM



By; Admin

Abstrak, Penulisan materi tentang “pengertian dan unsur-unsur pokok dalam pengelolaan laboratorium” ini bertujuan untuk (1). Mengetahui makna dan pengertian dari laboratorium (2). Mengetahui secara empiris mengenai unsur-unsur pokok dalam pengelolaan laboratorium. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tulisan ini adalah adalah secara kualitatif, yaitu mengambil, mengembangkan dan menyimpulkan apa yang ada di buku refrensi, termasuk juga melalui internet.
PENDAHULUAN
Menurut refrensi yang diambil dari wikipedia laboratorium adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah dilakukan. Laboratorium biasanya dibuat untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut secara terkendali. Laboratorium ilmiah biasanya dibedakan menurut disiplin ilmunya, misalnya laboratorium fisika, laboratorium kimia, laboratorium biokimia, laboratorium komputer, dan laboratorium bahasa. Senada dengan itu, Rhicard Decaprio dalam bukunya menyebutkan laboratorium itu sebagai tempat dilakukannya riset (penelitian) ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah. Sementara itu menurut Anonim( 2007), Laboratorium (disingkat lab) adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah dilakukan. Laboratorium biasanya dibuat untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut secara terkendali. Sedangkan  sementara menurut Emha (2002), laboratorium diartikan sebagai suatu tempat untuk mengadakan percobaan, penyelidikan, dan sebagainya yang berhubungan dengan ilmu fisika, kimia, dan biologi atau bidang ilmu lain.
Pengertian lain menurut Sukarso (2005), laboratorium ialah suatu tempat dimana dilakukan kegiatan kerja untuk mernghasilkan sesuatu. Tempat ini dapat merupakan suatu ruangan tertutup, kamar, atau ruangan terbuka, misalnya kebun dan lain-lain.
Dengan kata lain, laboratorium adalah tempat sekelompok orang yang melakukan berbagai macam kegiatan penelitian, eksperimen, pengamatan, pelatihan dan pengujian ilmiah sebagai pendekatan antara teori dan praktik dari berbagai macam disiplin ilmu.
Sehingga berdasarkan definisi tersebut, laboratorium adalah suatu tempat yang digunakan untuk melakukan percobaan maupun pelatihan yang berhubungan dengan ilmu fisika, biologi, dan kimia atau bidang ilmu lain, yang merupakan suatu ruangan tertutup, kamar atau ruangan terbuka seperti kebun dan lain-lain.
FUNGSI LABORATORIUM
            Laboratorium sebagai tempat kegiatan riset, penelitian, percobaan, pengamatan, serta pengujian ilmiah memiliki banyak fungsi. Menurut Sukarso (2005), secara garis besar fungsi laboratorium dalam proses pendidikan adalah sebagai berikut:
a). Sebagai tempat untuk berlatih mengembangkan keterampilan intelektual melalui kegiatan pengamatan, pencatatan dan pengkaji gejala-gejala alam.
b). Mengembangkan keterampilan motorik siswa. Siswa akan bertambah keterampilannya dalam mempergunakan alat-alat media yang tersedia untuk mencari dan menemukan kebenaran.
c). Memberikan dan memupuk keberanian untuk mencari hakekat kebenaran ilmiah dari sesuatu objek dalam lingkungn alam dan sosial.
d). Memupuk rasa ingin tahu siswa sebagai modal sikap ilmiah seseorang calon ilmuanan
e). Membina rasa percaya diri sebagai akibat keterampilan dan pengetahuan atau penemuan yang diperolehnya.
Sedangkan menurut refrensi lain, fungsi laboratorium itu akan dijelaskan beberapa fungsi laboratorium yang paling utama, yaitu;
a).  Menyeimbangkan antara teori dan praktik ilmu dan menyatukan antara teori dan praktik
b). Memberikan keterampilan kerja ilmiah bagi para peneliti, baik dari kalangan mahaasiswa sampai tingkat ilmuan.
c).  Memberikan dan memupuk rasa keberanian para penelilti untuk mencari hakikat kebenaran ilmiah dari suatu objek keilmuan.

UNSUR-UNSUR POKOK DALAM PENGELOLAAN LABORATORIUM
Pengelolaan laboratorium sebagai fasilitas yang digunakan untuk mengaplikasikan teori keilmuan, pengujian teoritis, pembuktian uji coba, penelitian, dll (tentunya dengan menggunakan alat bantu yang menjadi kelengkapan dari fasilitas dengan kualitas dan kuantitas yang memadai) mengacu pada unsur-unsur poko tertentu.
Unsur pokok itulah yang menjadi dasar peningkatan dan pengembangan laboratorium sebagai fungsi pengelolaan, tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan hasil penelitian yang tentunya untuk memajukan bidang keilmuan, kemitraan dan kepedulian insan akademis terhadap masyarakat agar senantiasa sesuai dengan pesan yang ada pada tri dharma pendidikan, yaitu pengabdian masyarakat. Ada 6 unsur pokok dalam pengelolaan laboratorium, keenam unsur tersebut yakni;
1). Perencanaan,
Unsur yang pertama dalam pengelolaan laboratorium adalah perencanaan, pengelolaan laboratorium tanpa adanya sebuah perencanaan akan berjalan tanpa visi dan misi yang jelas. Tanpa sebuah sebuah perencanaan, laboratorium hanya akan berjalan ditempat dan tidak akan tumbuh dan berkembang. Para pengelola laboratorium yang duduk di struktur organisasi laboratorium harus menentukan perencanaan agar kegiatan laboratorium berjalan lancar.
Perencanaan juga ditujukan untuk beberapa kegiatan penting dalam laboratorium, diantaranya; 1) Pelayanan praktikum, 2) Penelitian 3) Pengadaan Peralatan 4) Pengadaan kebutuhan bahan

0 komentar:

Post a Comment

 

Kirim Komentar

Name

Email *

Message *

Total Pageviews